Senin, 26 Mei 2008

Generasi & masa depan

Kami anak-anak yang ada didesa ini
Berjanji untuk meneruskan cita-cita bangsa
Membangun negeri tempatku dibesarkan
Oleh ayah bundaku tercinta

Aku akan belajar menempuh ilmu yang tinggi
Sebagai bekal kelak jika aku sudah dewasa
Dengan segenap jiwa dan ragaku ini
Pada desaku aku berjanji

Sawah ladang membentang rapi
Gunung berjajar memagari
Sungai nan jernih membasuhi bumi
Kusyukuri nikmat alam ini

Para pembaca yang budiman,

Itulah tadi sepenggal sya'ir yang saya ambil dari lagu pramuka yang berjudul anak desa, sudah selayaknya kita mengingat akan kehidupan desa kita, desa yang tentram, damai, berhawa segar, berpandangan indah, yah kita tidak mungkin akan melupakan sebuah desa, banyak orang kota yang mengisi liburannya kedesa, kedesa hanya untuk mengirup udara segar, yang bebas dari hiruk-pikuk polusi kota besar. Saya sendiri menyadari bahwasanya kita hidup dikota kebanyakan adalah untuk dalam rangka memenuhi kebutuhan akan ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya, pada dasarnya kota terbentuk juga dari desa juga kan?, hanya mungkin waktu itu terdapat tempat untuk mencari pendidikan dan tempat bertransaksi maka lama-kelamaan menjadi tempat orang yang berlalu-lalang mencari sesuatu yang mereka butuhkan.

Yah saya sendiri anak desa yang merantau yang sedang menuntut ilmu dikota, mungkin juga saya masih katrok mengenai teknologi. Teknologi yang berkembang pesat, saling bersaing, hari demi hari produk-produk terbaru bemunculan demi memenuhi kebutuhan manusia, kalau tidak dikuti terus maka akan jadi katrok beneran(weleh-weleh).

Sudah saatnya anak-anak yang ada didesa melek terhadap teknologi, supaya anak-anak indonesia tidak teheran-heran lagi jika melihat pesawat terbang (he..he..), para pramuka sekarang pun tidak boleh ketinggalan zaman, sudah banyak situs-situs yang yang mengulas tentang pramuka, jadi baik andika maupun pembina sudah tidak akan kesulitan untuk mencari materi ataupun sekedar chat sesama pramuka indonesia maupun luar negeri, ini adalah contoh situs-situs pramuka http://www.pramukanet.org/, http://www.pramuka.or.id/, http://www.pramukarek.or.id/, http://www.wanabakti-ponorogo.blogspot.com/, dan masih banyak lagi jika kita menelusuri lewat google. Anak-anak Indonesia adalah penerus cita-cita pahlawan kita, jikalau pahlawan dahulu beperang dengan penjajah asing, maka anak-anak sekarang berperang dengan narkoba, sex bebas, kebodohan. maka sudah selayaknya kita menganjurkan anak-anak kita, adik-adik kita untuk mendorong agar mencapai cita-cita tingginya, demi masa depan bangsa kita.

Semoga bermanfaat......


4 komentar:

hari Lazuardi mengatakan...

ketenangan hati dan pikiran adalah tatkala mata ini memandang sebuah kesejukkan yang dipentaskan oleh alam dengan segala kenikmatannya, pemandangannya yang indah, kehidupan desa yang alami serta keceriaan anak-anak desa yang menatap hari esok dengan bekal semangat belajar untuk mencapai cita-cita membangun bangsa tercinta...

Arifudin mengatakan...

yah, dg pikiran tenang tentram, maka muncullah ide2 cemerlang anak bangsa.

trik-tipsblog mengatakan...

nice post friend :D
http://trik-tipsblog.blogspot.com mampir balik yach :D

pingkan rizkiarto mengatakan...

sampai disini dari googling saka wanabakti surakarta, dalam rangka mengingat-ingat....