Kamis, 15 Mei 2008

Adakah etika bergaul didunia maya?


Hallo netter dinusantara,

Ehm....kemarin ketika saya chat dengan YM (yahoo messanger) dengan teman jauh, saya merasa agak gimana gitu, maksudnya hati saya merasa tidak nyaman, karena apa?, karena tutur bahasa yang dia gunakan kurang enak dihati, dalam perasaan saya bilang "apakah orang ini tidak pernah diajari pelajaran PPKN?", ya OK lah memang dunia maya adalah dunia yang abstrak, dunia yang tidak real, tapi yang jadi pertanyaan saya adalah "apakah kalau sudah didunia maya tidak bisa memakai etika berbicara dengan baik?". memang banyak kejadian-kejadian heboh dari dunia maya ini yang bermula dari omongan-omongan kecil yang ngalor-ngidul tidak tahu tujuan, misalnya saja waktu kemarin memanasnya hubungan Indonesia-Malaysia, bermula dari persengketaan pulau kemudian berbuntut saling cemooh lewat dunia maya, dan yang sering adalah para blogger termasuk saya(weks!). nah disinilah hubungan kedua belah pihak kurang harmonis. Memang saya sendiri merasakan, dengan adanya media internet ini, seakan dunia menyempit, tidak ada jarak sama sekali, kita bebas berbicara didunia maya, bisa dibilang dunia tanpa batas (wow ...). Tapi kenapa segelintir orang kurang berpendidikan kurang begitu memahami akan perkembangan teknologi ini atau berpendidikan tapi tidak memiliki atitude, ngomong ngalor-ngidul tanpa etika sehingga kurang sedap dipandang. Menurut saya dunia internet adalah sama, tidak ada bedanya dengan dunia nyata, hanya mungkin media dalam bergaul saja yang berbeda. Kalau dunia nyata kita bisa tahu watak orang dari cara berbicaranya, tingkah lakunya, sopan santunya, dll. nah kalau diinternet?, silahkan dicari sendiri(weks!). Negara kita adalah negara timur yang mengusung tinggi adab tata krama kehidupan ketimuran, dan sekarang apakah titel itu masih pantas kita sandang?, ya tentu masih, selama kita masih bisa menjaganya. mungkin dengan cara ngeblog yang baik, dengan bahasa yang enak diterima para pembaca, mari kita tunjukan pada dunia bahwa para blogger indonesia pantas diacungi jempol.

Ehm.... mungkin dalam postingan saya kali ini sebagai unek-unek saya sebagai pemakai internet pemula yang masih perlu banyak belajar dari netter-netter yang lebih senior. salam ngeblog, semoga bermanfaat. (mizz u raza)

Tidak ada komentar: